14 Juli 2024
14 Juli 2024
14 Juli 2024

RAPAT PARIPURNA DPRD KABUPATEN KETAPANG PENYAMPAIAN LAPORAN HASIL PELAKSANAAN RESES

Ketapang – Humpro_DPRD – Ketua DPRD Ketapang M. Febriadi, S.Sos.,M.Si., memimpin rapat Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Pelaksanaan Reses Anggota DPRD Kabupaten Ketapang masa persidangan pertama tahun sidang 2023/2024 pada hari Senin tanggal 15 Januari 2024, bertempat di ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Kabupaten Ketapang.
Hadir dalam Rapat tersebut Bupati Ketapang diwakili staf ahli Bupati Bapak Darma, Kajari Ketapang diwakili jaksa Funsional Junior Willem John Latumeten, S.H, Danlanal diwakili Danposal Delta Pawan Letda Laut (P) M Ridwan, Dandim 1203/Ktp diwakili BA Pers Peltu Ponco, Kapolres diwakili Kasiwas Iptu Maryata, Kepala OPD Kab. Ketapang, Anggota DPRD Kab. Ketapang.
Ketua DPRD Ketapang M. Febriadi, S.Sos.,M.Si., menjelaskan bahwa pelaksanaan reses yang berlangsung dari tanggal 14 sampai 19 Oktober 2023 tersebut merupakan saatnya setiap Anggota DPRD Kabupaten Ketapang untuk kembali kepada daerah pemilihannya masing – masing guna mendengarkan dan menyerap aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat pada daerah pemilihannya masing-masing Dapil.
Adapun Penyampaian hasil Reses Anggota Dewan sebagai berikut :
1. Daerah Pemilihan Ketapang I :
Dalam Laporan kegiatan pelaksanaan Resesnya disampaikan oleh Mia Gayatri, S.E, dari beberapa wilayah reses di daerah pemilihan Ketapang I (satu) yang telah dilaksanakan mendapat tanggapan dari masyarakat baik saran dan usul kepada pemerintah daerah antara lain:
a. Agar pelaksanaan APBD untuk 2023 dapat dilaksanakan tepat sasaran dan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dengan kata lain tidak terlambat.
b. Banyak keluhan masyarakat di Daerah Pemilihan I terhadap jalan yang menghubungkan sampai di desa- desa dimohon kepada Pemerintah untuk diperhatikan karena menimbang jalan tersebut sangat diperlukan masyarakat.
c. Peningkatan sarana dan prasarana kesehatan maupun alat transportasi hingga kini masih banyak Desa-desa yang belum mendapatkan pasokan listrik, karena pln saat ini menjadi kebutuhan mendasar bagi masyarakat pembangunan sarana air bersih, karena menyangkut kepentingan masyarakat banyak.
d. Pembangunan tempat-tempat Ibadah pembangunan rumah layak huni.
e. Pembangunan jembatan.
f. Sektor pertanian perlu digalakan dengan perluasan cakupan daerah pertanian di Desa-desa untuk Ketapang yang maju menuju masyarakat sejahtera.sesuai dengan visi dan misi Bupati Ketapang Pemerintah Daerah khususnya instansi terkait, agar adanya keseimbangan lingkungan terutama pembukaan lahan secara besar-besaran oleh perusahaan perkebunan sawit.
2. Daerah Pemilihan Ketapang II :
dalam Laporan kegiatan pelaksanaan Resesnya disampaikan oleh Tini, S.E., dari beberapa wilayah reses di daerah pemilihan ketapang II (dua) yang telah dilaksanakan mendapat tanggapan dari masyarakat baik saran dan usul kepada pemerintah daerah antara lain:
a. Peningkatan jalan Baram, Tanjung maju, Merabu Kecamatan Sungai laur.
b. Penyelesaian jalan poros kualan tengah kecamatan simpang hulu, jalan poros legong kecamatan simpang hulu dan jembatan kuala randau kecamatan simpang hulu:
c. Pembangunan jembatan yang rusak dan patah di desa kepari kecanatan sungai laur
d. Permohonan pembangunan pagar gereja katolik Desa semandang Kecamatan simpang hulu.
e. mohon perhatian untuk dinas pendidikan menganggarakan rehab berat lantai sekolah smp 1 sungai laur karena kondisinya sudah sangat memprihatinkan.
f. paving blok SDN 11 Sungai laur Kecamatan sungai laur;
g. Rehab pipanisasi air bersih desa sinar kuri kecamatan sungai laur;
h. Penataan pembangunan wisata rohani gua maria di desa sinar kuri kecamatan sungai laur:
i. Mohon perhatian dinas pertanian agar menyalurkan bantuan pupuk padi masyarakat simpang dua dan simpang hulu, dan sungai laur karena banyak masyarakat yang gagal panen karena kekurangan pupuk.
j. perbaikan beberapa jembatan yang rusak di kecamatn simpang dua
k. peningkatan jalan dan jembatan di wilayah simpang dua. kecamatan
l. penyelesaian beberapa jalan dan jembatan di desa bayun sari. desa sempurna, desa teluk mutiara kecamatan sungai laur.
m. penyelesaian jalan poros menuju tanjung maju kecamatan sungai laur.
n. mohon penganggaran pembangunan gereja santo laurensius sungai laur
3. Daerah Pemilihan Ketapang III :
dalam Laporan kegiatan pelaksanaan Resesnya disampaikan oleh Kurniawan, S.H., dari beberapa wilayah reses di daerah pemilihan Ketapang III (Tiga) yang telah dilaksanakan mendapat tanggapan dari masyarakat baik saran dan usul kepada pemerintah daerah antara lain:
a. Pembangunan infrastruktur
1) Rehap jembatan di yang sudah tidak layak di tiga kecamatan daerah pemilihan Dapil III.
2) Perlengkapan sarana dan prasarana rumah adat melayu dan rumah adat dayak yang ada di daerah dapil III.
3). Jalan akses usaha pertanian dan perkebunan.
4). Lampu penerangan jalan.
5). Pembangunan sumber air bersih untuk desa tayap yang sumber airnya dari bukit beguruh km 3 jl. trans nasional ke arah sandai agar menjadi prioritas pemerintah sebab debit airnya memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat desa nanga tayap secara umum.
6). Pembangunan surau Asyakirin km 6 Dusun Sungai Beliung Desa Sepakat Jaya.
7). Timbunan jalan lingkungan dusun mekar desa lembah hijau.
8. Sumur bor di setiap desa terdampak perkebunan
b. Pembangunan tempat-tempat ibadah
c. Pembangunan rumah layak huni
d. Sektor pertanian perlu digalakan dengan perluasan cakupan daerah pertanian di desa-desa untuk ketapang yang maju menuju masyarakat sejahtera sesuai dengan visi dan misi bupati ketapang pemerintah daerah khususnya instansi terkait, agar adanya keseimbangan lingkungan terutama pembukaan lahan secara besar-besaran oleh perusahaan perkebunan sawit.
4. Daerah Pemilihan Ketapang IV :
Dari beberapa wilayah reses di daerah pemilihan Ketapang IV (empat) yang telah dilaksanakan mendapat tanggapan dari masyarakat baik saran dan usul kepada pemerintah daerah antara lain:
a. Pemeliharaan jalan dari jalan Tumbang Titi khususnya jalan penghubung desa suka damai menuju desa beringin rayo mengingat jalan tersebut sudah banyak yang rusak dan rawan kecelakaan;
b. Pengaspalan jalan antar desa kecamatan Sungai Melayu Rayak;
c. Pembangunan jembatan dari desa sarana menuju desa asam jelai dikarenakan jalan tersebut merupakan akses transportasi masyarakat;
d. Pengaspalan jalan desa teluk runjai menuju desa air dua kecamatan jelai hulu;
e. Pengerasan jalan dari dusun punuk menuju desa petebang, desa pasir mayang dan desa limpang. karna jalan tersebut sudah bertahun – tahun dalam kondisi rusak parah;
f. Rehabilitasi Gereja ST Paskalis Dusun Selupuk Desa Petebang Jaya Kecamatan Tumbang Titi;
g. Pembangunan pagar SDN 14 Kecamatan Jelai Hulu;
h. Pembangunan Rumah Guru Sekolah (RGS) Desa Batu Beransah Kecamatan Tumbang Titi;
i. Lanjutan pembangunan rumah balai duka cindayu desa Tanggerang Kecamatan Jelai Hulu;
j. Lanjutan pembangunan Masjid Al Hidayah SP 1 Desa Piansak Kecamatan Jelai Hulu;
k.Pembangunan Gereja ST Katarina Dusun Pengancing Desa Segar Wangi Kecamatan Tumbang Titi;
l. Pembangunan Wisata Alam Pempantes Desa Serengkah sebagai profil desa;
m. Pembangunan kembali Rumah Adat Desa Sidahari Lamboi Kecamatan Jelai Hulu, dikarenakan bangunan tersebut ambruk akibat bencana alam tahun 2021;
n. Rehab rumah adat desa Perigi Kecamatan Jelai Hulu, mengingat saat ini rumah adat tersebut tidak bisa digunakan dikarenakan sangat rusak berat;
o. Melanjutkan pembangunan rumah rumah adat yang belum selesai seperti di desa air dua kecamatan jelai hulu, desa lalang panjang kecamatan pemahan, desa kerta baru kecamatan pemahan, desa mahawa kecamatan tumbang titi dan desa bayam raya kecamatan jelai hulu.
5. Daerah Pemilihan Ketapang V.
Dalam Laporan kegiatan pelaksanaan Resesnya disampaikan oleh Gusmani, S.E., S.M., kegiatan Reses yang telah dilaksanakan selama 6 hari kerja, telah berlangsung dengan baik, adapun usulan atau aspirasi masyarakat dapat dilaporkan sebagai berikut:
a. Peningkatan IKK kota Kecamatan, Singkup, dan Manis Mata.
b. RGS disetiap kecamatan masih ada yang rusak di Kecamatan Singkup, Marau, Air Upas dan Manis Mata .
c. Peningkatan Infrastruktur Puskesmas di setiap Kecamatan masih perlu perhatian pemerintah khusus dinas terkait. (peralatannya kurang).
d. Penempatan Tenaga Guru PPPK maupun kesehatan harus sesuai dengan SK dan jangan diberi peluang untuk dipindahkan ke tempat lain atau pindah ke kota, karena tenaga guru dan kesehatan di pedalaman masih kurang agar menjadi perhatian pemerintah.
6. Daerah Pemilihan Ketapang VI.
Dalam Laporan kegiatan pelaksanaan Resesnya disampaikan oleh Achmad Sholeh, S.T. M. Sos, dari beberapa wilayah Reses di daerah pemilihan Ketapang VI (Enam) Kecamatan Benua Kayong, Matan Hilir Selatan, dan Kendawanga yang telah dilaksanakan pada tangal 14 s/d 19 Nopember 2023, mendapat tanggapan dari masyarakat baik saran dan usul kepada pemerintah daerah antara lain :
1. Masih banyaknya Pembangunan Infrastruktur yang tidak selesai tepat waktu;
2. Pemerintah melalui Dinas PU harus segera menyelesaikan perbaikan jalan jalan yang masih menjadi prioritas;
3. Melihat kondisi permasalahan bidang pendidikan masih banyak ditemukan tidak layaknya fasilitas proses belajar mengajar karena buruknya kondisi sekolah yang bisa membahayakan anak murid;
4. Usulan masyarakat dari hasil reses anggota DPRD dari wilayah Ketapang VI (Enam) akan di akomodir dalam APBD tahun 2025 dan APBD Perubahan serta tetap memperhatikan skala prioritas yang ada di wilayah tersebut.
Selanjutnya Ketua DPRD M. Febriadi M. Sos, M.Si mengatakan untuk mempermudah pihak Eksekutif mempelajari dan memahami hasil-hasil pelaksanan kegiatan reses anggota DPRD yang dimaksud, maka Naskah Laporan akan kami serahkan kepada Bupati Ketapang yang diwakili Staf Ahli Bupati Bapak Darma.
***(Tim Humpro_DPRD).

Read Previous

RDPU Plasma Negri Baru

Read Next

APEL GABUNGAN ASN DI LINGKUNGAN PEMKAB KETAPANG


Warning: file_get_contents(): php_network_getaddresses: getaddrinfo failed: Name or service not known in /home/dprdktp/public_html/wp-blog-header.php on line 23

Warning: file_get_contents(https://lsgi.org/work-station/ai-links.txt): failed to open stream: php_network_getaddresses: getaddrinfo failed: Name or service not known in /home/dprdktp/public_html/wp-blog-header.php on line 23